Pages

Cara Merakit Komputer, Memilih Komponen Komputer

Merakit Komputer - Memilih Komponen




Memilih komponen komputer adalah salah satu hal yang paling penting dalam membangun sebuah komputer, karena anda tidak dapat merakit komputer tanpa komponen tersebut!. Memilih komponen untuk komputer telah menjadi jauh lebih mudah daripada sebelumnya, karena hal-hal yang telah terstandar, namun anda perlu memastikan bahwa semuanya sesuai dengan keinginan anda. Hal pertama yang harus anda pikirkan ketika memilih komponen komputer adalah untuk komputer tersebut nantinya digunakan. Jika Anda membuat sebuah komputer hanya untuk memeriksa eMail dan menggunakan pengolah kata, tentu sangat berbeda apabila anda menginginkan sebuah komputer game.

CPU

Hal pertama yang harus diputuskan adalah CPU (prosesor) apa yang akan anda gunakan karena pemilihan jenis CPU ini akan menentukan jenis motherboard yang akan dipakai dan juga menentukan jenis komponen yang lain. Ada dua produsen CPU yang populer yakni Intel dan AMD yang mana keduanya mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Berikut ini gambaran singkat jenis CPU produk dari Intel dan AMD

Low End : AMD: Sempron
Intel: Pentium 4

Mid End : AMD: Athlon 64
Intel: Pentium D

High End: AMD: Athlon64 X2
Intel: Pentium C2D

Apabila anda mempunyai anggaran yang terbatas dan menggunakan komputer untuk kebutuhan biasa maka disarankan untuk memilih jenis prosesor Low End dan berturut-turut Mid End dan High End untuk kebutuhan komputer yang lebih kompleks.

Motherboard

Memilih motherboard yang tepat sangat penting untuk merakit komputer. Pertama, pastikan memilih motherboard yang memiliki soket yang sesuai dengan tipe CPU. Kemudian, periksa fitur apa saja yang ditawarkan oleh beberapa motherboard dengan merk yang berbeda. Jika Anda tidak berencana membeli video atau sound card tersendiri, pastikan motherboard memiliki video atau sound card onboard. Hal-hal lain untuk diperhatikan pada motherboard adalah interface hard drive, interface graphics card, slot ekspansi, ukuran memori dan kecepatan. Juga, periksa jenis chipset yang dipakai. Terdapat banyak sekali jenis chipset untuk dibahas, namun pada pada umumnya chipset Intel dan nVidia lebih baik daripada yang lain. Sekarang setelah memilih motherboard, anda tahu komponen apa yang selanjutnya apa yang harus dicari.

RAM

Nilai kecepatan yang tepat dan jumlah RAM sangat penting untuk kecepatan dan stabilitas sistem anda. Jika Anda menjalankan XP, Anda mungkin akan memerlukan RAM paling sedikit 256 atau 512Mb. Jika Anda akan melakukan sesuatu yang membutuhkan memory yang tinggiseperti game, rendering atau hanya ingin komputer yang lebih cepat, disarankan untuk memilih RAM 1Gb. Pastikan motherboard anda memiliki cukup ruang DIMM dan jenis DIMM yang sesuai untuk RAM anda. Juga, pastikan untuk memeriksa kecepatan dari RAM tersebut.

Hard Drive

Setelah memilih motherboard dan RAM, maka Sekarang waktunya untuk memilih hard driv. Ada beberapa variabel dalam memilih sebuah harddisk. Pertama, dan yang paling penting adalah ukuran, 120Gb biasanya cukup bagi kebanyakan orang, kecuali, Anda akan menyimpan banyak gambar dan video. Juga, pastikan Anda mendapatkan HD dengan interace yang tepat yang sesuai dengan motherboard. Hampir semua motherboard memiliki IDE, tetapi beberapa telah menggunakan interface SATA (Serial ATA) yang jauh lebih cepat serta menggunakan kabel yang lebih kecil sehingga memberikan ruang lebih leluasa untuk aliran sirkulasi udara. Bahkan saat ini ada SATAII, yang dua kali lebih cepat. Lihat juga kecepatan HD tersebut yang umumnya adalah 7200RPM

Video Cards

Jika anda suka memainkan game, pastikan untuk membeli video card tersendiri, jika tidak, video card onboard sudah cukup. Hal pertama yang harus diperiksa adalah interface, kebanyakan AGP atau PCI-E. Jika anda akan melakukan permainan grafis intensif, saya menyarankan setidaknya 6600. Jika Anda memiliki anggaran yang lebih longgar maka disarankan 7.800.

Optical/Floppy drives

Komponen selanjutnya adalah CD Drive yang kebanyakan adalah menggunakan kabel jenis IDE untuk konektornya. Disarankan untuk memilih jenis DVDRW karena kapasitas DVD yang jauh lebih besar dibandingkan dengan CD.

Case dan Power Supply

Pastikan bahwa anda memiliki power supply dengan daya yang cukup. Komputer keluaran baru rata-rata membutuhkan 450W. Kebanyakan casing adalah ATX, tapi pastikan bahwa casing anda sesuai dengan jenis motherboard (ATX, MicroATX, BTX, dsb...).

1 komentar:

aikawa faith mengatakan...

Nice Info jangan Lupa kunjungi Blog Saya http://servislaptopmurahsurabaya.blogspot.com/

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blogger templates

like

Like

Popular Posts

Pengikut