Pages

Hal-hal yang harus diperhatikan saat membeli sebuah Komputer Refurbished



          Jika Anda merasa cukup dengan komputer yang tidak terlalu membutuhkan teknologi terkini maka komputer desktop refurbished mungkin cocok untuk anda. Komputer ini tidak benar-benar baru akan tetapi jika Anda beruntung maka Anda mungkin akan mendapatkan sebuah computer yang baru digunakan beberapa bulan saja. Tetapi bukan berarti yang telah digunakan bertahun-tahunpun rusak. Komputer refurbished akan tetap berfungsi dengan baik tetapi anda perlu memahami beberapa rincian sebelum Anda membelinya.


         Pikirkan apa yang anda butuhkan untuk sebuah komputer, ada aplikasi khusus atau hanya untuk keperluan biasa. Yang dimaksud keperluan biasa seperti mendengarkan musik, chatting di internet, penyimpanan data, menulis data pada CD, kegiatan mengetik dan sebagainya. Jika ini adalah kebutuhan anda maka setiap komputer yang tidak terlalu tinggi spesifikasinya akan cocok untuk anda. Namun, biasanya kita menginginkan komputer yang dapat melakukan lebih sekedar apa yang saya sampaikan di atas, jadi saya sarankan untuk membeli sebuah komputer Refurbished yang terbaik. Usahakan memilih jenis prosesor Pentium IV ke atas atau AMD yang setara. Anda sebaiknya menggunakan RAM minimal 256MB untuk menjalankan Windows dengan baik, tetapi jika anda bisa mendapatkan lebih tinggi maka itu akan lebih baik karena kapasitas RAM menentukan kecepatan pemrosesan data, sehingga dengan RAM yang lebih tinggi tentu saja kecepatan pengolahan data menjadi lebih cepat.

          Kemudian perhatikan juga besarnya kapasitas hard drive (hard disk drive) sebagai media penyimpan semua data anda. Biasanya pada komputer Refurbished, hard drive telah dipakai sekian lama dan kemungkinan akan cepat rusak maka disarankan untuk menggantikan hard drive yang lama dengan yang baru. Ingatlah bahwa hard drive adalah sebuah komponen mekanis yang selalu mungkin terjadi gangguan atau kerusakan sehingga sangat disarankan untuk melakukan backup secara periodik data-data penting yang tersimpan dalam hard drive. Bila Anda membeli komputer desktop baru maka anda akan mendapatkan semua        aksesoris yang diperlukan karena komputer yang anda beli adalah sebuah komputer baru. Namun, tidak demikian halnya saat anda membeli sebuah komputer refurbished. Jadi, akan ada aksesori yang penting yang kadang tidak disertakan. Anda harus membeli aksesoris tersebut sendiri dan ini akan menjadi biaya di luar biaya yang harus anda bayar untuk sebuah computer refurbished. Jika penjual komputer refurbished bisa memberikan semua kelengkapan yang kita perlukan sih tidak apa-apa namun kalau tidak anda perlu berhitung ulang jangan sampai harganya menjadi lebih mahal bila dibandingkan anda membeli sebuah komputer baru.

           Pertimbangkan bahwa anda akan memerlukan port USB, port LAN atau Ethernet, sebuah CD atau DVD Drive dan sebuah soundcard yang baik yang biasanya sudah menjadi satu (built-in) dengan motherboard. Mungkin anda juga akan memerlukan kemampuan jaringan nirkabel (wireless network) untuk terhubung ke internet melalui wi-fi (biasanya pada laptop). Setelah semua selesai dan bila anda akan membandingkan dengan biaya yang anda harus keluarkan bila membeli sebuah komputer baru maka anda akan bisa berhemat apabila anda membeli sebuah komputer refurbished. Apabila semua hal detail telah anda perhatikan bukan tidak mungkin sebuah komputer refurbished akan menjadi sebuah komputer yang sangat ideal dan tahan lama.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blogger templates

like

Like

Popular Posts

Pengikut