Pages

Inilah 5 Fitur Baru di Windows 8


Windows 8 menjawab kebutuhan pengguna komputer bersistem operasi jendela. Adalah versi terbaru yang menurut Steven Sinofsky (Kepala Divisi Windows) lebih baik dibanding Windows 7. Banyaknya perubahan dan fitur yang disematkan pada Windows 8 ini membuat Windows 8 memiliki daya tarik tersendiri.

Berikut 5 fitur baru pada Windows 8 pabrikan Microsoft yang masih dalam versi Beta. Rencananya Windows 8 juga akan dihadirkan pada smartphone dan tablet PC.
1. Picture password
Picture password pada Windows 8
Picture password
Lupakan cara mengunci komputer dengan password berupa huruf alfabet atau angka-angka yang susah diingat. Fitur Picture Password memungkinkan Anda untuk mengunci komputer dengan menggunakan sebuah foto.
Saat hendak membuka kunci pada foto, sentuh bagian pada foto yang sudah disetel sebelumnya. Windows 8 menerapkan sistem arah gerakan, gerakan jari, titik gerakan dan kombinasi gerakan. Misalnya saja Anda mensetel gerakan jari memutar searah jarum jam, maka sistem akan merekam dan menganggap gerakan tersebut sebagai password.
Jika Anda lupa gerakan yang sudah disetel sebelumnya, Anda masih bisa menggunakan password seperti biasa yakni menggunakan karakter.
2. Navigasi Metro
Navigasi Metro pada Windows 8
Navigasi Metro
Pada Windows 8, navigasi dilakukan dengan menggeser ke kanan atau kiri. Dengan menu antarmuka Metro dengan fitur tile (tampilan berpetak-petak), menjadikan fitur ini sebagai tampilan besar yang paling terasa.
Tile tersebut nantinya bisa Anda kelompokkan sesuai keinginan. Meski begitu, disediakan pula alternatif untuk berpindah ke mode desktop seperti tampilan Windows versi sebelumnya.
Pada smartphone atau tablet PC, navigasi juga bisa menggunakan sentuhan jari dan keyboard virtual. Mirip dengan pada iPad dimana keyboard virtual tersebut memiliki susunan terpisah (split) di bagian kiri dan kanan sehingga mudah terjangkau jari tangan.
3. Internet Explorer versi 10
Internet Explorer 10 beta pada Windows 8
Internet Explorer 10 beta
Windows 8 tak lupa menyematkan browser andalannya yang terbaru, yakni IE versi 10 (Beta). Tampilannya sedikit nyeleneh dari browser pada umumnya. Paling kentara pada url bar yang berlokasi di bawah (biasanya di atas). Sedangkan bagian tab menggunakan thumbnail berukuran lumayan besar pada bagian atas.
Tampilan IE terbaru ini bisa dibilang merupakan tampilan yang berani dan berusaha tampil beda dibanding browser lain.
4. Toko aplikasi
Windows Store pada Windows 8
Windows Store
Microsoft sepertinya benar-benar meniru Apple dalam hal ini. Yakni menyediakan toko aplikasi yang diberi nama Windows Store. Aplikasi yang tersedia ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.
5. SkyDrive
SkyDrive pada Windows 8
SkyDrive
Windows 8 memiliki kembaran iCloud, yakni sistem penyimpanan awan bernama SkyDrive. Cara kerjanya pun mirip dengan iCloud, yakni sebagai media penyimpanan di awan yang bisa diakses di perangkat apapun yang berbasis Windows 8.
Pengguna diberi space gratis sebesar 2GB untuk menggunakan SkyDrive.
Dalam Windows 8 yang dipamerkan akhir Februari kemarin di Barcelona, Spanyol, sudah disematkan aplikasi kontak, kalender, email dan messaging. Tapi untuk program Office tak terlihat di Windows 8. Entah memang tak ada atau karena Windows 8 masih dalam tahap Beta.
Windows 8 untuk komputer rencananya resmi dirilis pada akhir tahun ini. Sedangkan versi tablet PC dan smartphone masih dalam tahap pengembangan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blogger templates

like

Like

Popular Posts

Pengikut